PERMAINAN MEMANCING HURUF DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK LIBURENG AMESSANGENG KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

KASMAH BUHARI (2022) PERMAINAN MEMANCING HURUF DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK LIBURENG AMESSANGENG KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1.docx

Download (39kB)
[img] Text
2.docx

Download (25kB)
[img] Text
3.docx

Download (2MB)
[img] Text
4.docx

Download (34kB)

Abstract

Kasmah Buhari. 2014. Permainan Memancing Huruf Dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-Kanak Libureng Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca permulaan anak dapat berkembang melalui permainan memancing huruf di TK Libureng Amessangeng?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan memancing huruf di TK Libureng Amessangeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yaitu Taman Kanak-Kanak Libureng Amessangneg sebanyak 12 orang anak didik dan 1 orang guru. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai permainan memancing huruf dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Libureng Amessangeng menunjukkan bahwa melalui permainan memancing huruf dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Dengan permainan tersebut, maka seorang guru dapat mengetahui secara langsung dan melihat gambaran terhadap kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh anak didik. Bisa dilihat ada anak yang masih perlu bimbingan dan arahan dari guru, serta ada pula anak yang memang belum bisa melakukan perintah guru dan ada juga anak sudah mandiri dalam melaksanakan perintah dari guru untuk mencapai indikator dalam pengembangan bahasa mengenai keaksaraan yang terkhusus dengan kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:38
Last Modified: 12 Dec 2022 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item