PENERAPAN KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG TIMUR KABUPATEN PINRANG

ARFAWATI MAKMUR (2022) PENERAPAN KEGIATAN MENGANYAM UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG TIMUR KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (216kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (599kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (48kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN 2.docx

Download (54kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (98kB)

Abstract

ARFAWATI MAKMUR, 2014 Penerapan Kegiatan Menganyam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan Motorik Halus anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur Kabupaten Pinrang melalui Kegiatan Menganyam?, Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan kemampuan Motorik Halus anak melalui Kegiatan Menganyam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A dengan jumlah anak sebanyak 10 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui menganyam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur, dalam hal melenturkan otot-otot pergelangan dan mengkoordinasikan mata dan tangan. Pada siklus I kegiatan menganyam belum terlaksana dengan baik, hal ini disebabkan kurangnya bimbingan dan motivasi yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri. Pada siklus II kegiatan menganyam sudah terlaksana dengan baik dan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur sudah tercapai dengan baik . Hal ini dapat dilihat dari observasi kegiatan guru pada siklus II yang menunjukkan hasil yang maksimal pada saat kegiatan menganyam anak sudah mampu melenturkan otot-otot pergelangan dan mengkoordinasikan mata dan tangan tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pinrang Timur dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:17
Last Modified: 12 Dec 2022 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26054

Actions (login required)

View Item View Item