PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK KAMBRIA BOSOWA MAROS

BULAN PURNAMASARI (2022) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK KAMBRIA BOSOWA MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (36kB)
[img] Text
lembar awal.docx

Download (30kB)
[img] Text
isi.docx

Download (92kB)

Abstract

BULAN PURNAMASARI. 2014. Penerapan kurikulum berbasis karakter di Taman Kanak-kanak Kambria Bosowa Maros, Dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd. dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kurikulum berbasis karakter pilar ke enam yaitu percaya diri, kreatif dan pantang menyerah anak di Taman Kanak-kanak Kambria Bosowa Maros. Tujuan penelitian, untuk mengetahui penerapan kurikulum berbasis karakter pilar ke enam yaitu percaya diri, kreatif dan pantang menyerah anak di Taman Kanak-kanak Kambria Bosowa Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana penerapan kurikulum berbasis karakter di Taman Kanak-kanak Kambria Bosowa Maros yang difokuskan pada pendeskripsian proses penyaluran pilar enam yaitu percaya diri, kreatif dan pantang menyerah. Subyek penelitian guru kelas A1 dengan anak didik sebanyak 12 orang anak, Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) penerapan kurikulum berbasis karakter pilar enam percaya diri, kreatif dan pantang menyerah anak di Taman Kanak-kanak Kambria Bosowa Maros, disalurkan selama tiga minggu melalui kegiatan knowing (mengetahui) dilakukan dengan bercerita, feeling (merasakan) dilakukan dengan tanya jawab atau diskusi ringan dan action (mempraktekkan) dilakukan dengan praktek langsung. 2) Karakter percaya diri disalurkan melalui indikator berani tampil di depan umum, mau berkenalan dan berbicara dengan orang yang baru diperkenalkan, berani mencoba dan berlatih hal yang baru. 3) Karakter kreatif disalurkan melalui indikator membuat hasil karya dengan kreasi sendiri. 4) Karakter pantang menyerah disalurkan melalui indikator menyelesaikan tugas sampai selesai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:58
Last Modified: 12 Dec 2022 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26053

Actions (login required)

View Item View Item