MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE MENDONGENG PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 151 LOKA KABUPATEN PINRANG

MURNI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE MENDONGENG PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 151 LOKA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
MURNI.docx

Download (110kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (83kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.doc

Download (236kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (53kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (35kB)
[img] Text
dongeng.docx

Download (19kB)
[img] Text
SKENARIO PEMBELAJARAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (40kB)

Abstract

MURNI, 2014. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Mendongeng Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode mendongeng pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kabupaten Pinrang ?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode mendongeng pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 10 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode mendongeng terjadi peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak. Hal ini terlihat dari siklus I dari 10 orang sebagian besar anak mendapatkan nilai baik maka peningakatan kemampuan bahasa ekspresif anak dapat dikategorikan dari nilai (○) kurang menjadi nilai sedang (√) dan siklus II peningakatan kemampuan bahasa ekspresif anak semakin meningkat terlihat dari siklus II tidak ada lagi yang mendapat nilai (○) kurang, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode mendongeng kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kabupaten Pinrang dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:32
Last Modified: 12 Dec 2022 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26042

Actions (login required)

View Item View Item