PENGEMBANGAN MEDIA EPATI (E-BOOK PANDUAN EMPATI)UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PHUBING PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 GOWA

ST. SHAFWAH RAFIFAH SALEH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA EPATI (E-BOOK PANDUAN EMPATI)UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PHUBING PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
St. Shafwah Rafifah Saleh_1844042006_Artikel Ilmiah Skripsi_Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media EPATI (E-Book Panduan Empati) untuk menurunkan perilaku phubbing pada peserta didik yang berangkat dari banyaknya peserta didik yang mengalami perilaku phubbing namun belum ada media yang dapat membantu peserta didik di SMA Negeri 1 Gowa dalam menurunkan perilaku phubbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan media (E-Book Panduan Empati) untuk menurunkan perilaku phubbing pada peserta didik, (2) Prototype media EPATI (E-Book Panduan Empati) untuk menurunkan perilaku phubbing pada peserta didik, (3) Tingkat validitas dan kepraktisan dari media EPATI (E-Book Panduan Empati) untuk menurunkan perilaku phubbing pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi dari 10 tahapan pengembangan menjadi 7 tahapan. Adapun ketujuh tahapan tersebut yaitu, riset awal dan pengumpulan informasi, perencanaan pengembangan, pengembangan bentuk awal produk, validasi ahli, revisi produk tahap 1, uji coba lapangan (kelompok kecil) dan revisi produk 2 (produk akhir). Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 1 Gowa sebanyak 52 orang dan untuk uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) 86% peserta didik yang mengisi angket mengalami kecenderungan perilaku phubbing dan media seperti EPATI (E-Book Panduan Empati) dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan layanan terkait perilaku phubbing peserta didik di sekolah, (2) Prototype media EPATI terdiri dari 5 tampilan utama yaitu tampilan awal/sampul, daftar isi, isi materi terkait phubbing, empati dan teknik yang digunakan untuk menurukan perilaku phubbing, tampilan video dan tampilan lembar evaluasi, (3) Tingkat validitas dan kepraktisan dari media EPATI (E-Book Panduan Empati) setelah melalui uji validitas dinyatakan telah valid, berdasarkan hasil uji validasi ahli materi dengan hasil 80% yang berarti sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, ahli media sebesar 95% yang berarti dari segi grafis, teks dan animasi sudah sangat baik dan untuk kepraktisan media setelah melalui uji coba kepraktisan dinyatakan praktis dengan hasil sebesar 84%, serta pada uji coba lapangan oleh 10 orang peserrta didik diperoleh hasil dengan kriteria sangat valid sehingga media EPATI (E-Book Panduan Empati) telah layak untuk di uji cobakan secara luas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:32
Last Modified: 09 Dec 2022 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26031

Actions (login required)

View Item View Item