HUSNI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KABUPATEN BARRU.
Text
1 HALAMAN JUDUL.docx Download (71kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing.docx Download (32kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (22kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
MOTTO, ABSTRAK, PRAKAT.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.docx Download (45kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx Download (18kB) |
|
Text
Kata Lampiran.docx Download (13kB) |
|
Text
LAMPIRAN 5-8 .docx Download (19kB) |
|
Text
Instrument Print.docx Download (29kB) |
|
Text
DOKUMNETASI.docx Download (714kB) |
|
Text
Riwayat Hidup SKRIPSI.docx Download (39kB) |
Abstract
HUSNI.2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Kemampuan Kognitif Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kabupaten Barru. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd. M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif berpengaruh pada kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kabupaten Barru. Berdasarkan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pada kemampuan kognitif (mengklasifikasikan benda) anak di TK Pertiwi Kabupaten Barru. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 16 anak, laki-laki sebanyak 7 orang dan perempuan sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik nonparametrik uji beda wilcoxon untuk uji beda kemampuan kognitif anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak yang menerima perlakuan model pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan perolehan nilai skor dibandingkan sebelum perlakuan model pembelajaran kooperatif . Dengan demikian hipotesis diterima. Maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berpengaruh pada kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kabupaten Barru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 07:55 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26019 |
Actions (login required)
View Item |