PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KABUPATEN BARRU

HUSNI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KABUPATEN BARRU.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.docx

Download (71kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (32kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
MOTTO, ABSTRAK, PRAKAT.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.docx

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
Kata Lampiran.docx

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5-8 .docx

Download (19kB)
[img] Text
Instrument Print.docx

Download (29kB)
[img] Text
DOKUMNETASI.docx

Download (714kB)
[img] Text
Riwayat Hidup SKRIPSI.docx

Download (39kB)

Abstract

HUSNI.2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Kemampuan Kognitif Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kabupaten Barru. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd. M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif berpengaruh pada kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kabupaten Barru. Berdasarkan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pada kemampuan kognitif (mengklasifikasikan benda) anak di TK Pertiwi Kabupaten Barru. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 16 anak, laki-laki sebanyak 7 orang dan perempuan sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik nonparametrik uji beda wilcoxon untuk uji beda kemampuan kognitif anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak yang menerima perlakuan model pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan perolehan nilai skor dibandingkan sebelum perlakuan model pembelajaran kooperatif . Dengan demikian hipotesis diterima. Maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berpengaruh pada kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:55
Last Modified: 06 Dec 2022 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item