Pengembangan Perilaku Emosi Anak dalam Kegiatan Bercerita di TK Kemala Bhayangkari Sungguminasa Kabupaten Gowa

INDAH RAMDHANI (2022) Pengembangan Perilaku Emosi Anak dalam Kegiatan Bercerita di TK Kemala Bhayangkari Sungguminasa Kabupaten Gowa.

[img] Text
Sampul.doc

Download (84kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.doc

Download (38kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (24kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (911kB)

Abstract

INDAH RAMDHANI, 2014. Skripsi. Pengembangan Perilaku Emosi Anak dalam Kegiatan Bercerita di TK Kemala Bhayangkari Sungguminasa Kabupaten Gowa, dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd dan Drs. H. Abdul Karim H. Ahmad, M.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan perilaku emosi anak dalam kegiatan bercerita di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Sungguminasa Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku emosi anak dalam kegiatan bercerita. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu. Peneliti bertindak sebagai instrumen. Lokasi penelitian yaitu di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari di Jalan Malino Nomor 44 Kelurahan Tompo Balang Sungguminasa Kabupaten Gowa. Sumber data adalah 2 orang tenaga pendidik dan 22 orang anak kelompok B3. Pengumpulan data melalui teknik pengamatan / observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui cerita Arif Sayang Nenek, Kakek Tua dan Cucunya, serta Katak dan Tikus perilaku emosi anak yakni sayang dapat berkembang, melalui cerita Anak-Anak dan Katak di Kolam perilaku emosi anak yakni berani dapat berkembang, melalui cerita Kakek Tua dan Cucunya, Anak Kambing dan Serigala, serta Angsa dan Telur Emas perilaku emosi anak yakni sabar dapat berkembang, melalui semua cerita yang disampaikan guru perilaku emosi anak yakni keingintahuan dan gembira dapat berkembang, serta beberapa perilaku emosi negatif anak dapat berkurang dengan guru melakukan berbagai strategi serta kegiatan bercerita yang bervariasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:33
Last Modified: 06 Dec 2022 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26018

Actions (login required)

View Item View Item