PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENDA MELALUI METODE PENEMUAN DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI CABANG KABUPATEN GOWA

SUMIATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENDA MELALUI METODE PENEMUAN DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI CABANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL DAN LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (75kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (134kB)
[img] Text
RKH HASIL PENELITIAN.docx

Download (35kB)

Abstract

Sumiati, 2014, Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Benda Melalui Metode Penemuan Di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Cabang Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto,M.Pd dan Herman,S.Pd,M.Pd; Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah penerapan metode penemuan sebagai upaya untuk mengenalkan konsep benda kepada anak di taman kanak-kanak kemala Bhayangkari cabang kabupaten gowa. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimana peningkatan kemampuan mengenal konsep benda anak melalui metode penemuan di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Cabang Kabupaten Gowa ? pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep benda dengan indikator pembelajaran : apa yang terjadi jika benda-benda dimasukkan kedalam air dan apa yang terjadi jika benda-benda didekatkan kepada sebuah magnet dan kegiatan penemuan melalui percobaan langsung pada Taman Kanak-kanak kemala Bhayangkari Cabang Kabupaten Gowa beralamat di jalan Malino Nomor 44 Kelurahan Tompo Balang. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak didik sebanyak 15 orang yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki. Intrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa melalui metode penemuan, dapat meningkatkan kamampuan mengenal konsep benda anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Cabang Kabupaten Gowa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak mengalami peningkatan dimana anak mampu membedakan benda yang tenggelam dan benda yang terapung, benda yang larut dan tidak larut serta benda yang dapat tertarik oleh magnet.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:22
Last Modified: 06 Dec 2022 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26017

Actions (login required)

View Item View Item