MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA DI TAMAN KANAK – KANAK ANDIYA MAKASSAR

REZKI WAHYUNI RAHIM (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA DI TAMAN KANAK – KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
PRAKATA.docx

Download (48kB)
[img] Text
SKRIPSI EKKY BAB I-V.docx

Download (6MB)

Abstract

Rezki Wahyuni Rahim, 2014. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar dan Skripsi ini dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd, Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam memahami konsep berhitung dasar atau berhitung permulaan. Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Permaianan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) tahap yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui pelaksanaan permainan memancing angka di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan sebanyak 12 orang anak didik pada kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Aktifitas guru terhadap pembelajaran melalui permainan memancing angka telah terlaksana dengan baik, dengan hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I belum terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar Kelompok A melalui permainan memancing angka karena masih ada anak yang belum mampu membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda) sampai 10 dan membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda. Pada siklus II menunjukkan bahwa Berhitung permulaan anak yang terdapat dalam bidang kognitif di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar kelompok A dengan melalui permainan memancing angka secara keseluruhan mengalami peningkatan yang baik atau berhasil terutama dalam hal menyebutkan urutan bilangan 1-10 sebanyak 10 orang, mengenal lambang bilangan dengan benda sampai 10 sebanyak 9 orang dan menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 10 sebanyak 9 orang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:24
Last Modified: 06 Dec 2022 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26011

Actions (login required)

View Item View Item