PELAKSANAAN METODE DRILL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RISWA RAHMAH (2022) PELAKSANAAN METODE DRILL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
JUDUL,MOTTO,DAFTAR ISI RISWA.docx

Download (42kB)
[img] Text
Draff.docx

Download (72kB)
[img] Text
Dokumenmtas jumat.docx

Download (866kB)
[img] Text
dokumentasi hari pertama.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (5MB)

Abstract

Riswa Rahmah. 2014. Pelaksanaan Metode Drill Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Azizah Amal, S.S,M.Pd, dan Arifin Manggau S,Pd.M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan metode drill dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan di Taman Kanak-kanak Teratai UNM kecamatan Rappocini Kota Makassar”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode drill dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan di Taman Kanak-kanak Teratai UNM kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Deskriptif. fokus penelitian yang akan diteliti adalah pelaksanaan metode drill dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan di Taman Kanak-kanak Teratai UNM kecamatan Rappocini kota Makassar. Sasaran penelitian ini meliputi tenaga pendidik kelompok B5 sebanyak 1 orang yang memiliki jumlah anak didik 16 orang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Pelaksanaan metode drill dilakukan oleh guru kelompok B5 Taman Kanak-kanak Teratai UNM dilakukan dengan 3 kegiatan yaitu membuat garis tegak, datar, miring kiri/kanan, membuat garis lengkung, lingkaran, dan meniru membuat huruf. Dari ketiga kegiatan yang dilakukan tersebut, terlihat bahwa pelaksanaan metode drill baik digunakan dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan pada anak. Hal tersebut terbukti saat anak di latih membuat garis tegak, datar, miring kiri/kanan, secara berulang ulang anak lebih mudah dalam menulis kata demi kata . Pelaksanaan metode drill yang digunakan oleh kelompok B5 dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan pada anak dilaksanakan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, sebelum memulai pembelajaran/latihan terlebih dahulu guru memberikan penjelasan untuk membangkitkan motivasi anak, selain itu guru memberikan contoh kepada anak di papan tulis,lalu guru bergabung dengan anak dan mengajak anak menulis diudara , kedua, lembelajaran/latihan dilakukan secara bertahap mulai dari tahap yang sederhana ketahap yang lebih sulit, ketiga, ketika pembelajaran berlangsung guru memperhatikan seluruh anak didik yang sedang mengerjakan latihan. Keempat,guru memberikan perhatian khusus kepada anak yang mengalami kesulitan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:13
Last Modified: 06 Dec 2022 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26010

Actions (login required)

View Item View Item