KREATIVITAS ANAK DALAM KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

RISKAYANTI (2022) KREATIVITAS ANAK DALAM KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (18kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (103kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (36kB)
[img] Text
isi.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (27kB)

Abstract

Riskayanti. 2014. Kreativitas Anak Dalam Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Negeri Makassar. Studi ini menelaah kreativitas anak dalam kegiatan kolase dengan menggunakan bahan bekas di Taman Kanak-kanak Teratai UNM. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas anak dalam kegiatan kolase dengan menggunakan bahan bekas di Taman Kanak-kanak Teratai UNM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas anak dalam kegiatan kolase dengan menggunakan bahan bekas di Taman Kanak-kanak Teratai UNM. Manfaat penelitian ini terdiri dari dua yaitu manfaat teoretis dan manfaat praktis. Pendekatan yang digunakam dalam penelitian ini adalah pendekatan kulaitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran penelitian yaitu peneliti bertindak sebagai pengamat partisipan atau pengamat penuh selama proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu kreativitas anak dalam kegiatan kolase dengan menggunaan bahan bekas. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Teratai Universita Negeri Makassar yang terletak di jalan A. P Pettarani. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Taman Kanak-Kanak Teratai UNM pada kelompok B5. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawncara, observasi langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini , dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengmatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan gambaran kreativitas anak dalam kegiatan kolase dengan menggunkan bahan bekas dengan menggunakan teknik tumpang tindih tindih atau saling tutup (overlapping), teknik penataan ruang (spatial arrangement), teknik repetisi/pengulangan (repetition) dan teknik komposisi/kombinasi beragam jenis tekstur dari berbagai material dan penggunaan bahan bekas. Kesimpulan hasil penelitian yaitu kreativitas anak dalam menggunakan teknik tumpang tindih tindih atau saling tutup (overlapping), teknik penataan ruang (spatial arrangement), teknik repetisi/pengulangan (repetition) dan teknik komposisi/kombinasi beragam jenis tekstur dari berbagai material berdasarkan indikator kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi kolase pada Kelompok B5 di Taman Kanak-Kanak Teratai UNM .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:28
Last Modified: 06 Dec 2022 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25993

Actions (login required)

View Item View Item