PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK SATU ATAP SD INPRES UJUNG KATINGTING KECAMATAN PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG

MURNIATY (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK SATU ATAP SD INPRES UJUNG KATINGTING KECAMATAN PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
Sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (138kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (197kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (43kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

MURNIATY, 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Kartu Angka Bergambar di TK Satu Atap SD Inpres Ujung Katingting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Skripsi dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal angka anak melalui kartu angka bergambar di Taman Kanak-kanak Satu Atap SD Inpres Ujung KatintingKabupaten Bantaeng?, dengan tujuan penelitian untuk peningkatan kemampuan mengenal angka anak melalui penggunaan kartu angka bergambar pada anak didik di TK Satu Atap SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah kelompok A sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media kartu angka bergambar di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SD Inpres Ujung Katingting, kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan dalam hal menunjuk urutan benda untuk bilangan 1-10 dan menunjuk lambang bilangan 1-10. Hal ini dapat dilihat pada saat penggunaan media kartu angka bergambar anak sudah mampu menunjuk urutan benda untuk bilangan 1-10 dan menunjuk lambang bilangan 1-10 tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media kartu angka bergambar di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SD Inpres Ujung Katingting dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:37
Last Modified: 06 Dec 2022 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item