ANGRI LISMAYANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK DUNIA ANAK ISLAMBUKIT BARUGA ANTANG.
Text
bagian sampul.docx Download (46kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (105kB) |
|
Text
RKH siklus I perteman I.docx Download (17kB) |
|
Text
RKH siklus I pertemuan II.docx Download (17kB) |
|
Text
lembar observasi .docx Download (63kB) |
|
Text
riwayat hidp.docx Download (5MB) |
Abstract
Angri Lismayani.2014.Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Metode Kooperatif Teknik Mencari Pasangan di Taman Kanak-kanak Dunia Anak Islam Bukit Baruga Antang. Skripsi ini dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd dan Muhammad Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan bentuk geometri melalui metode kooperatif teknik mencari pasangan di Taman Kanak-kanak Dunia Anak Islam Bukit Baruga Antang. Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode kooperatif teknik mencari pasangan dapat meningkatkan kemampuan bentuk geometri anak kelompok A pada Taman Kanak-kanak Dunia Anak Islam Bukit Baruga Antang? Berdasarkan rumusan masalah maka peneliti ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bentuk geometri anak melalui metode kooperatif teknik mancari pasangan pada Taman Kanak-kanak Dunia Anak Islam Bukit Baruga Antang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuliatatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak Dunia Anak Islam Bukit Baruga Antang, pada kelompok A dengan jumlah anak didik 11 orang dan satu orang guru. Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil analisis secara naratif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui peningkatan kemapuan bentuk geomteri yaitu segitiga, lingkaran dan persegi dalam hal belajar secara berkelompok dengan mencari jawaban pasangan atas soal yang diberikan oleh guru. Dalam penelitian ini digunakan siklus I dan siklus II dimana setiap siklus terdiri 3 kali pembelajaran. Setiap pembalajaran yang dilakukan selalu dikaitkan dengan tema dan subtema pada hari itu. Dengan menggunakan metode kooperatif teknik mencari pasangan dapat meningkatkan kemampuan bentuk geometri anak kelompok A pada Taman Kanak-kanak Dunia Anak Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 01:08 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 01:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25982 |
Actions (login required)
View Item |