Sri Wahyuni (2022) Prilaku Sosial Anak Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar.
Text
sampul.docx Download (18kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (40kB) |
|
Text
abstrak....rtf Download (62kB) |
|
Text
daftarr isi.rtf Download (68kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (162kB) |
|
Text
DOSEN IBU HAJERAH.docx Download (50kB) |
|
Text
DOSEN PAK ADY.docx Download (49kB) |
|
Text
DOSEN PAK BACHTIAR.docx Download (51kB) |
|
Text
RKH.docx Download (36kB) |
Abstract
Sri Wahyuni. 2014. Prilaku Sosial Anak Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr.Nurhikmah,S.Pd,M.Si dan Rusmayadi,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pelaksanaan perilaku sosial anak dalam model pembelajaran kooperatif di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana perilaku sosial anak dalam model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian yaitu perilaku sosial anak dalam model pembelajaran kooperatif di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripsi kualitatif yaitu mendeskripsikan perilaku sosial anak dalam model pembelajaran kooperatif di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar. Subyek penelitian satu orang guru dan sebanyak sepuluh anak didik pada kelompok B2. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni menghubungkan data yang ada dengan berbagai teori. Hasil penelitian menujukkan bahwa perilaku sosial anak dalam model pembelajaran kooperatif di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar terlihat bahwa anak saling membantu sesama teman, mau meminjamkan miliknya, serta berbahasa sopan dalam berbicara, dan guru dapat menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi anak, menyajikan informasi, mengorganisasikan anak kedalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, serta memberikan evaluasi. Dengan adanya pelaksanaan ini yang dilakukan oleh guru, maka anak sudah mampu bekerja sama dengan temannya, mau meminjamkan miliknya serta dapat berbahasa sopan dalam berbicara. Namun pada orang tua dan guru masih sangat diperlukan untuk perkembangan prilaku sosial anak selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:57 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25968 |
Actions (login required)
View Item |