MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENERAPAN METODE BERNYANYI DI TAMAN KANAK-KANAK HARINDAH KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

BESSE SRI WAHYUNI (2022) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENERAPAN METODE BERNYANYI DI TAMAN KANAK-KANAK HARINDAH KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Kata Pgantar Harinda.docx

Download (49kB)
[img] Text
REVISI HARINDAH.docx

Download (138kB)
[img] Text
RKH UNI HARINDAH.docx

Download (30kB)

Abstract

Besse Sri Wahyuni, 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penerapan Metode Bernyanyi di Taman Kanak-kanak Harindah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd., dan Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd., Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah Metode bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penerapan Metode Bernyanyi di Taman Kanak-kanak Harindah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penerapan metode bernyanyi di Taman Kanak-kanak Harindah Kecamatan Biringkanaya”? Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka pada anak Melalui Penerapan Metode Bernyanyi Di Taman Kanak-Kanak Harinda Kecamatan Biringkanaya. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bernyanyi dan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak di Taman Kanak-kanak Harindah Kecamatan Biringkanaya kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok A, sebanyak 15 dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis kualitatif guna mendeskripsikan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I pelaksanaan I baru dua orang meningkat dalam kemampuan mengenal lambang bilangan sebab guru belum menggunakan metode menyanyi dengan baik Dan setelah menggunakan penerapan metode bernyanyi pada siklus I pelaksanaan II ada tiga anak yang sudah memperlihatkan kemajuan. Pada siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan menunjukkan peningkatan dimana terlihat pada siklus II pelaksanaan I ada 5 orang anak berkembang sangat baik dan pelaksanaan kedua ada 9 orang anak berkembang sangat baik karena guru menggunakan metode bernyanyi dan memanggil anak satu persatu melakukannya sambil memperlihatkan angka yang dimaksud. Kesimpulan penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal angka pada kelas A di Taman kanak-kanak Harindah masih sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:10
Last Modified: 05 Dec 2022 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25963

Actions (login required)

View Item View Item