PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BENTUK-BENTUK GEOMETRI DI TAMAN KANAK-KANAK YUSTIKARINI KABUPATEN BANTAENG

AKHRIANI ALIM (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BENTUK-BENTUK GEOMETRI DI TAMAN KANAK-KANAK YUSTIKARINI KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (1MB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (35kB)
[img] Text
skripsi akhriani.rtf

Download (832kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI akhriani alim.docx

Download (29kB)
[img] Text
instrumen akhriani.docx

Download (35kB)

Abstract

AKHRIANI ALIM 2014. Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Melalui Pemanfaatan Media Bentuk-Bentuk Geometri Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. Skripsi. dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Melalui Pemanfaatan Media Bentuk-Bentuk Geometri Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng? Tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan Visual Spasial melalui Pemanfaatan media bentuk-bentuk geometri di taman kanak-kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Peningkatam visual spasial melalui Pemanfaatan Media bentuk-bentuk geometri di Taman Kanak-kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng . Penelitian ini dilaksanakan atas dua siklus, siklus I dilaksanakan II kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan II kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Yustkarini Kabupaten Bantaeng. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B2 yang terdiri atas 20 anak didik yaitu 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan serta 1 orang guru kelompok B2. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa dengan peningkatan Visual Spasial melalui pemanfaatan media bentuk-bentuk Geometri. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dalam kategori kurang sehingga kemampuan visual spasia melalui bentuk-bentuk geometri anak belum berkembang. Selanjutnya pada siklus II aktivitas mengajar guru dalam kategori baik sehingga kemampuan Visual spasial melalui pemanfaatan media bentuk-bentuk geometri anak meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:47
Last Modified: 05 Dec 2022 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25959

Actions (login required)

View Item View Item