PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK HARINDAH MAKASSAR

NIRWANA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK HARINDAH MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (94kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran Foto.docx

Download (934kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran Cerita Bergambar.docx

Download (7MB)

Abstract

Nirwana, 2014.Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Buku Cerita Bergambar di Taman Kanak-Kanak Harindah Makassar.Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pddan MuhammadAkilMusi, S.Pd, M.Pd.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dalammeningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Harindah Makassar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dalammeningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Harindah Makassar.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Fokus penelitian ini adalah kemampuan berbicara dan bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar.Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru serta anak kelompok Ayang terdiri atas 16 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Hasil yang dicapai pada siklus I, hanya sebagian anak yang kemampuan berbicaranya meningkat.Hal ini disebabkan karena saat bercerita, guru berdiri agak jauh dari anak sehingga anak tidak dapat menyimak cerita dengan baik serta pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kurang berkaitan dengan isi cerita sehingga anak tidak memahami isi cerita.Pada siklus II kemampuan berbicara anak meningkat.Hasil ini dapat dicapai karena guru telah menyajikan cerita dengan baik. Guru berdiri dekat anak saat bercerita sehingga anak dapat menyimak cerita dengan baik serta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong anak dalam mengutarakan pendapat dan melanjutkan sebagian cerita yang diperdengarkan.Sebagai kesimpulan, metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Harindah Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:41
Last Modified: 05 Dec 2022 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25958

Actions (login required)

View Item View Item