PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DANKARTU GAMBAR DI TAMAN-KANAK AISYIYAH KABUPATEN TAKALAR

Syahraeni Syafiuddin (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DANKARTU GAMBAR DI TAMAN-KANAK AISYIYAH KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
01. sampul dst.docx

Download (56kB)
[img] Text
02. DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
03. BAB I Renyk.docx

Download (20kB)
[img] Text
04. BAB II Renyk.docx

Download (47kB)
[img] Text
08. DaftarPustaka Renyk.docx

Download (17kB)
[img] Text
09. Lampiran Lembar Observasi guru.docx

Download (27kB)
[img] Text
10. Lampiran Hasil Observasi Aktivitas Anak.docx

Download (30kB)
[img] Text
11. Dokumentasi Penelitian.docx

Download (2MB)

Abstract

Syahraeni Syafiuddin, 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Penggunaan Media Kartu Kata dan Kartu Gambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Dra. Istiyani Idrus, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Penggunaan Kartu Kata dan Kartu Gambar Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Kabupaten Takalar?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penggunaan media kartu kata dan kartu gambar pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelompok B yang berjumlah 23 orang anak didik, yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan dan guru yang mengajar sebanyak 1 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah Observasi dan Dokumentasi. Teknik analis data yaitu: Deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I, kemampuan memasangkan benda sesuai pasangannya dengan kategori baik yaitu 3 anak didik, kategori cukup 3 anak didik dan kategori kurang 17 orang anak didik. Kemampuan menyebutkan kelompok gambar yang mempunyai bunyi huruf awal dan bunyi huruf akhir yang sama, kategori baik 3 anak didik, kategori cukup 4 anak didik, kategori kurang 16 anak didik. Hasil penelitian siklus II, kemampuan memasangkan benda sesuai dengan pasangannya mengalami peningkatan, untuk kategori baik 15 anak didik, untuk kategori cukup 6 anak didik, dan kategori kurang 2 anak didik, dan begitupun dengan menyebutkan kelompok gambar yang mempunyai bunyi huruf awal yang sama dan bunyi huruf akhir yang sama mengalami peningkatan, untuk kategori baik 12 orang anak didik, kategori cukup 8 orang, dan kategori kurang 3 orang anak didik. Sehingga dari siklus II mengalami peningkatan baik itu memasangkan benda sesuai dengan pasangannya dan menyebutkan kelompok gambar yang mempunyai bunyi huruf awal yang sama dan mempunyai huruf bunyi akhir yang sama. Kesimpulan bahwa melalui penggunaan kartu kata bergambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:59
Last Modified: 02 Dec 2022 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item