PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI PAUD NURUL JAMAN KELURAHAN TONASA KECAMATAN BALOCCI KABUPATEN PANGKEP

HARLINA H (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI PAUD NURUL JAMAN KELURAHAN TONASA KECAMATAN BALOCCI KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (66kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.rtf

Download (615kB)
[img] Text
BAB I.II.III.IV.docx

Download (88kB)
[img] Text
FT Skripsi.docx

Download (7MB)
[img] Text
RKH KRTU GMBR.docx

Download (31kB)

Abstract

Harlina H. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Anak Didik PAUD Nurul Jaman Kelurahan Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penggunaan kartu kata bergambar di Kelompok Bermain Nurul Jaman Kelurahan Tonasa Kecamatan balocci Kabupaten Pangkep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui Media Kartu kata bergambar pada Anak Didik Kelompok Bermain Nurul Jaman Kelurahan Tonasa Kecamatan balocci Kabupaten Pangkep. Pendekatan pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan secara kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan kartu kata bergambar diKelompok Bermain Nurul Jaman Subjek penelitian adalah satu orang guru dan 14 anak didik di Kelompok B tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada 2 orang anak yang dapat menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal serta menyebutkan suara huruf awal dari nama binatang yang ada disekitarnya. Pada siklus II terjadi peningkatan membaca permulaan membacapemulaan karena indikator capaian membaca permulaan sudah tercapai ditandai dengan 13 orang anak yang sudah mampu menyebutkan huruf awal dari nama binatang dan menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/ huruf awal yang sama. Hal ini disebakan karena guru memperlihatkan kartu kata yang mempunyai gambar dan sebuah kata sehingga melalui penerapan metode kartu kata bergambar dalam pengembangan membaca anak dapat terlaksana secara optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:09
Last Modified: 02 Dec 2022 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25919

Actions (login required)

View Item View Item