PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMANKANAK-KANAK IDHATA LABBAKKANG KABUPATEN PANGKEP

BAHRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMANKANAK-KANAK IDHATA LABBAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (86kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (39kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (30kB)
[img]
Preview
Image
IMG.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_0001.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_0002.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (40kB)

Abstract

Bahriani, 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Penggunaan Kartu Angka Bergambar di Taman Kanak-Kanak Idhata Labbakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan kartu angka bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka di Taman Kanak-Kanak Idhata Labbakkang Kabupaten Pangkep”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan kartu angka bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka di Taman Kanak-Kanak Idhata Labbakkang Kabupaten Pangkep. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal angka dan kartu angka bergambar. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini 1 orang guru dan anak kelompok B yang terdiri atas 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, penggunaan kartu angka bergambar dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dimana guru tidak menjelaskan materi dengan baik serta tidak memberikan keleluasaan pada anak untuk mengamati kartu angka bergambar sehingga kemampuan mengenal angka anak belum meningkat sebagaimana yang diharapkan. Pada siklus II guru telah menjelaskan materi dengan baik serta meletakkan kartu di atas meja agar anak leluasa untuk mengamati kartu angka bergambar sehingga kemampuan mengenal angka pada anak dapat meningkat, terbukti anak dapat mengenal angka dengan baik. Dengan demikian, kemampuan anak mengenal angka meningkat. Sebagai kesimpulan, penggunaan kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Idhata Labbakkang Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:59
Last Modified: 02 Dec 2022 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25917

Actions (login required)

View Item View Item