PENERAPAN KEGIATAN MENDONGENG DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR

HIKMAH (2022) PENERAPAN KEGIATAN MENDONGENG DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
SAMPUL ke 2 skripsi.docx

Download (25kB)
[img] Text
pengesahan.docx

Download (107kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
i. dftar isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
Skripsi Hikmah.docx

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN FOTO.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

HIKMAH. 2013. Penerapan Kegiatan Mendongeng di Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Dra. Hj.Rosdiah Salam M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pelaksanaan kegiatan mendongeng di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah pelaksanaan kegiatan mendongeng di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan mendongeng di Taman Kanak-kanak Teratai Kota Makassar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripsi kualitatif yaitu mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan mendongeng di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Subyek penelitian yakni 1 orang guru dan sebanyak 14 anak didik pada kelompok B3. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan kegiatan mendongeng di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar dapat terlaksana. Pelaksanaan tersebut dapat dilihat dari adanya guru dapat mengatur posisi anak, menyiapkan alat peraga, dapat memotivasi anak untuk mendengarkan dongeng, memulai kegiatan mendongeng sambil memperlihatkan alat peraga dalam bentuk gambar, dan kemudian diakhiri dongeng guru memberikan kesimpulan. Pada akhir pembelajaran anak didik memperagakan di depan kelas beberapa faktor perilaku yang terdapat pada cerita dongeng yang didengarnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:18
Last Modified: 01 Dec 2022 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25891

Actions (login required)

View Item View Item