PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI CERITA GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR

Evi Nur Qalbi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI CERITA GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (55kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Evi Nur Qalbi, 2013. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Melalui Cerita Gambar Seri Di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Panaikang Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi. S,Pd.M.Si dan Azizah Amal S,S M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji adalah “Apakah melalui cerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Panaikang makassar”?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berbahasa ekspresif anak melalui cerita gambar seri pada anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Panaikang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan cerita gambar seri dan kemampuan berbahasa ekspresif anak. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelompok B4 serta anak kelompok B4 yang terdiri atas 15 anak didik yaitu tujuh anak laki-laki dan delapan anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan menggunakan analisis kualitatif untuk mengukur peningkatan kemampuan anak didik dalam berbahasa ekspresif. Hasil yang dicapai setelah penerapan berbahasa ekspresif melalui cerita gambar seri yakni, pada siklus I adalah belum meningkat, dan guru pun dalam memberi penjelasan masih belum jelas. Hasil yang dicapai pada siklus II, kemampuan berbahasa ekspresif anak melalui cerita gambar seri sudah meningkat karena dalam hal ini guru sudah mampu melaksanakan langkah-langkah kegiatan melalui cerita gambar seri dengan baik dan benar. Dengan pencapaian indikator kemampuan anak bercerita dengan menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia dan mereka, serta mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri. dapat disimpulkan bahwa melalui cerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:34
Last Modified: 01 Dec 2022 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25884

Actions (login required)

View Item View Item