FARHANY MUNIR (2022) PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MEWARNAI GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AL-FATIHAH KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.
Text
1. HALAMAN JUDUL.docx Download (18kB) |
|
Text
2. ABSTRAK,ETC.docx Download (52kB) |
|
Text
3. ISI SKRIPSI.doc Download (234kB) |
|
Text
4. LEMBAR OBSERVASI ANAK.docx Download (25kB) |
|
Text
5. FORMAT WAWANCARA GURU NEW.docx Download (25kB) |
|
Text
6. FOTO PENELITIANN.docx Download (3MB) |
Abstract
FARHANY MUNIR. 2013. Pengembangan Motorik Halus Anak Dengan Mewarnai Gambar Di Taman Kanak-Kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya, Dibimbing oleh Drs.Nahrawi,M.Si dan Rusmayadi,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kegiatan mewarnai gambar dapat mengembangkan motorik halus anak di Taman kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak dengan mewarnai gambar di Taman kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu: Motorik halus dan Mewarnai gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik di Taman Kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, kelas B2 sebanyak 10 orang anak didik dan 1 orang guru. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Kemampuan awal motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar menunjukan bahwa anak masih kurang baik dalam mewarnai gambar 2) Aktivitas mewarnai gambar pada Taman Kanak-kanak Al-Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang dilaksanakan dengan kegiatan mewarnai 3 bentuk gambar sederhana, membuat anak belajar sedikit demi sedikit menggerakan jari tangannya yakni mampu untuk memegang alat warna dengan benar,menggunakan alat warna, serta mengkoordinasikan mata-tangan,yakni mewarnai gambar dengan berbagai warna,mewarnai gambar dengan rapi dan mewarnai berbagai bentuk gambar sederhana. 3) Kemampuan motorik halus anak mengalami perkembangan melalui kegiatan mewarnai gambar. Hal tersebut terbukti ketika anak yang awalnya tidak mampu menggunakan alat warna dengan benar menjadi tahu bagaimana mempergunakannya dengan benar,anak mampu mewarnai gambar dengan berbagai warna,anak mampu mewarnai dengan rapi, dan anak mampu mewarnai berbagai bentuk gambar sederhana.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:58 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25870 |
Actions (login required)
View Item |