Penggunaan Media Puzzle Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene.

Yusliah. (2022) Penggunaan Media Puzzle Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (155kB)
[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (47kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (33kB)

Abstract

Yusliah. 2013. Penggunaan Media Puzzle Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene. Skripsi ini Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Dra. Hj. Rosdiah Salam,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada masalah bagaimanakah penggunaan media puzzle bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media puzzle bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas deskriptif kualitatif yang menjadikan 1 (satu) guru Taman Kanak Kanak dan anak yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 laki-laki dan 7 perempuan sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi terhadap penggunaan media puzzle bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa melalui penggunaan media puzzle bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di -Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene. Hal ini terlihat dari minat anak dan partisipasi anak dalam menyelesaikan kegiatan yang diberikan sesuai dengan indikator dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak dalam mengenal konsep bilangan yaitu membilang/menyebut angka 1 – 10 dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan 1 – 10 serta media yang sesuai kebutuhan anak serta anak dapat melaksanakan tugas dengan baik tanpa bimbingan ibu guru. Jadi Kesimpulan dari hasil penelian ini adalah melalui penggunaan media puzzle bilangan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Al-Jihad DDI Soreang Palipi Kabupaten Majene dapat meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:13
Last Modified: 01 Dec 2022 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25865

Actions (login required)

View Item View Item