PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA TEMBOE KECAMATAN LAROMPONG SELATAN KABUPATEN LUWU.

R I S M A (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA TEMBOE KECAMATAN LAROMPONG SELATAN KABUPATEN LUWU.

[img] Text
SAMPUL -DAFTAR ISI DAN PENGESAHAN.docx

Download (46kB)
[img] Text
MOTTO &N SURAT KETERANGAN SEKOLAH.docx

Download (13kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (103kB)
[img] Text
FORMAT OBSERVASI KEGIATAN FINGER PAINTING ANAK SIKLUS I PERTEMUAN I.docx

Download (52kB)
[img] Text
Lembar Observasi Instrument Guru.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP FORMAT.docx

Download (40kB)

Abstract

RISMA, 2013, Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Permata Temboe Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu. Skripsi dibimbing oleh Dra.Hj.Bulkis Said,M.Si dan Arifin Manggau,S.Pd, M.Pd pada program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motorik halus anak dapat dikembangkan dengan melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Permata Temboe Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak dapat di kembangkan melalui kegiatan finger painting pada kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Permata Temboe Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Taman Kanak-Kanak Permata Temboe Kabupaten Luwu kelompok B2 yang terdiri dari 10 orang anak didik dan 1 orang guru. Desain penelitian menggunakan model siklus dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi indicator yang telah dicapai masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, kemampuan anak dikategorikan belum berkembang, dan pada siklus II dikategorikan sudah berkembang. Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kegiatan finger painting dapat mengembangkan motorik halus anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:07
Last Modified: 01 Dec 2022 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25856

Actions (login required)

View Item View Item