PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR

Kasmawaty (2022) PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (77kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (42kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (38kB)
[img] Text
RKH Kasmawaty.docx

Download (29kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (12kB)

Abstract

Kasmawaty, 2013, Pengembangan Karakter Anak melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran karakter anak dalam kegiatan Bermain Peran pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengembangan karakter anak melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah metode bermain peran dan karakter anak. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok A yang terdiri atas 10 anak didik yaitu 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah penerapan metode bermain peran yakni karakter anak berkembang. Anak mentaati aturan yang telah disepakati bersama sebagai bentuk karakter disiplin, senang menjalankan tugas yang diberikan oleh guru sebagai bentuk karakter tanggung jawab, dan mengatasi kesulitan yang dihadapinya tanpa atau dengan sedikit pertolongan sebagai bentuk karakter kerja keras. Sebagai kesimpulan, metode bermain peran dapat mengembangkan karakter disiplin, karakter tanggung jawab, dan karakter kerja keras pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya. Karena itu, metode bermain peran direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam mengembangkan karakter anak di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 05:53
Last Modified: 30 Nov 2022 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item