PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DI TK AISYIYAH AL-MU’MINUM KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE

RESKIAWATI MAKMUR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DI TK AISYIYAH AL-MU’MINUM KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (36kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (178kB)
[img] Text
BAB I -III.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV - PUSTAKA.docx

Download (55kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (42kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (68kB)
[img] Text
Tanah Airku.docx

Download (54kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (68kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

RESKIAWATI MAKMUR, 2013. Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di TK Aisyiyah Al-Mu’Minum Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Skripsi dibimbing oleh Dr. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Al-Mu’Minun Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene?. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Al-Mu’Minun Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 14 orang anak dan 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil yang diperoleh memang masih jauh dari yang diharapkan masih ada anak yang kemampuan berbicaranya kurang, hal ini dikarenakan guru tidak mengatur dan mengkondisikan tempat duduk anak yang nyaman, pada waktu pelaksanaan kegiatan penerapan metode bercerita berlangsung guru hanya bercerita dan tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan isi cerita Setelah kegiatan penerapan metode bercerita selesai guru tidak meminta anak naik mengulang cerita yang sudah diceritakan oleh guru. Pada siklus II peningakatan kemampuan berbicara anak semakin meningkat terlihat dari siklus II setelah diadakan perbaikan tindakan tidak ada lagi yang mendapat nilai kurang. Dengan demikian dengan penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampun bahasa lisan pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Al-Mu’Minum Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:18
Last Modified: 30 Nov 2022 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25840

Actions (login required)

View Item View Item