RESKIAWATI MAKMUR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DI TK AISYIYAH AL-MU’MINUM KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE.
Text
SAMPUL.docx Download (36kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (178kB) |
|
Text
BAB I -III.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB IV - PUSTAKA.docx Download (55kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (42kB) |
|
Text
RKH.docx Download (68kB) |
|
Text
Tanah Airku.docx Download (54kB) |
|
Text
RKH.docx Download (68kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
RESKIAWATI MAKMUR, 2013. Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di TK Aisyiyah Al-Mu’Minum Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Skripsi dibimbing oleh Dr. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Al-Mu’Minun Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene?. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Al-Mu’Minun Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 14 orang anak dan 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil yang diperoleh memang masih jauh dari yang diharapkan masih ada anak yang kemampuan berbicaranya kurang, hal ini dikarenakan guru tidak mengatur dan mengkondisikan tempat duduk anak yang nyaman, pada waktu pelaksanaan kegiatan penerapan metode bercerita berlangsung guru hanya bercerita dan tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan isi cerita Setelah kegiatan penerapan metode bercerita selesai guru tidak meminta anak naik mengulang cerita yang sudah diceritakan oleh guru. Pada siklus II peningakatan kemampuan berbicara anak semakin meningkat terlihat dari siklus II setelah diadakan perbaikan tindakan tidak ada lagi yang mendapat nilai kurang. Dengan demikian dengan penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampun bahasa lisan pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Al-Mu’Minum Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 03:18 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 03:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25840 |
Actions (login required)
View Item |