Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Makassar

HASDI YANTI (2022) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Makassar.

[img] Text
Sampul.doc

Download (137kB)
[img] Text
Hasil penelitian fix New.doc

Download (253kB)
[img] Text
Hasil Observasi Anak Didik Siklus I New.doc

Download (127kB)
[img] Text
ANTI Tugas.docx

Download (42kB)
[img] Text
gambar.docx

Download (402kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (61kB)

Abstract

HASDI YANTI, 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sumartini, M.Pd. dan Drs. Nahrawi, M.Si. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung bilangan melalui bermain kartu angka bergambar di TK Aisyiyah V Makassar? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung melalui bermain kartu angka bergambar di TK Aisyiyah V Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah V Makassar yang berjumlah 10 anak dan 1 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan ada peningkatan kemampuan berhitung anak melalui bermain kartu angka bergambar. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan ketertarikan anak masih kurang terhadap bermain, pada siklus II anak mulai tertarik dan penuh semangat dalam bermain kartu angka bergambar. Begitupun pencapaian indikator kemampuan berhitung mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu kemampuan anak membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10, mengurutkan lambang bilangan dari 1 sampai 10, menunjuk lambang bilangan dari 1 sampai 10, dan membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:22
Last Modified: 29 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item View Item