PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGEMBANGKAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN PLANEL PADA TAMAN KANAK-KANAK WAHYU KABUPATEN GOWA

ERNI NUR PAIDAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGEMBANGKAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN PLANEL PADA TAMAN KANAK-KANAK WAHYU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.docx

Download (103kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (153kB)
[img]
Preview
Image
1.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
2.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

ERNI NUR PAIDAH. 2013. Peningkatan Kemampuan Logika Matematika Melalui Media Gambar Dengan Menggunakan Papan Planel Pada Taman Kanak-Kanak Wahyu, Skripsi Dibimbing oleh Dra.Bulkis Said M,SI dan Muh.Yusri Bachtiar,S,Pd,M,Pd.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada masalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif dalam mengembangkan logika matematika melalui media gambar dengan menggunakan papan planel pada Taman Kanak-Kanak Wahyu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam mengembangkan logika matematika melalui media gambar dengan menggunakan papan planel pada Taman Kanak-Kanak Wahyu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang menjadi subjek penelitian adalah 1 (satu) guru Taman Kanak-Kanak Wahyu dan anak didik yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 11 laki-laki dan 4 perempuan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I peningkatan kemampuan logika matematika melalui media gambar dengan menggunakan papan planel menunjukkan perolehan hasil yang cukup, dimana terdapat beberapa anak yang cukup mampu dan kurang mampu dalam mencocokkan bilangan dan lambing bilangan, menunjuk, mengelompokkan jumlah yang sama dari 2 kumpulan benda, menunjuk, mengelompokkan jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit dari 2 kumpulan benda serta menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 20. Pada siklus II, setelah dilakukan refleksi pada siklus I mengenai peningkatan kemampuan logika matematika mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari minat anak dan partisipasi anak dalam menyelesaikan setiap kegiatan dan perolehan hasil melebihi dari standar pencapaian yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan logika matematika anak dapat meningkat melalui media gambar dengan menggunakan papan planel pada Taman Kanak-Kanak Wahyu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:29
Last Modified: 29 Nov 2022 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25809

Actions (login required)

View Item View Item