Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sungguminasa.

Muliana GH, Muliana GH (2016) Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sungguminasa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muliana GH. 2016.doc

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK . 2016. (Dibimbing oleh Muhammad Danial dan Oslan Jumadi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Biologi Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan pembelajaran menggunakan video tutorial, (2) hasil belajar Biologi Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan pembelajaran tanpa menggunakan video tutorial, (3) kemandirian belajar Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan pembelajaran menggunakan video tutorial, (4) kemandirian belajar Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan pembelajaran tanpa menggunakan video tutorial, (5) pengaruh media video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa, dan (6) pengaruh media video tutorial terhadap kemandirian peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan memilih dua kelas dari dua belas kelas XI yang ada. Kelas yang dimaksud yaitu kelas XI9 dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan jumlah peserta didik 50 orang dan kelas XI10 dibelajarkan tanpa menggunakan media video tutorial dengan jumlah Peserta didik 51 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial rata-rata 71,9 berada pada kategori tinggi, (2) hasil belajar biologi peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran video tutorial rata-rata 51,6 berada pada kategori cukup, (3) kemandirian belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial rata-rata 76,8 berada pada kategori tinggi, (4) kemandirian belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran video tutorial rata-rata 74,9 berada pada kategori tinggi, (5) terdapat pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa, (6) tidak terdapat pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Kata Kunci: Video Tutorial, Hasil Belajar, Kemandirian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:50
Last Modified: 12 Jun 2017 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item