Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Penggunaan Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Pembina Baebunta Kabupaten Luwu Utara

Nur Naimah (2022) Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Penggunaan Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Pembina Baebunta Kabupaten Luwu Utara.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL JUDUL.docx

Download (549kB)
[img] Text
IMA HASIL PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Spreadsheet
OBSERVASI ANAK.xlsx

Download (50kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (56kB)

Abstract

Nur Naimah, 2013 “ Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Penggunaan Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Pembina Baebunta Kabupaten Luwu Utara”. Dibimbing oleh Drs. Anas Malik,M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Pembina Baebunta Kabupaten Luwu Utara?. Tujuan adalah untuk mengetahui dengan penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Pembina Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah 15 orang anak didik dan 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui tehnik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan masing-masing 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan relefksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan kurangnya kemampuan keaksaraan anak dikarenakan guru kurang membimbing dan memberi motivasi pada anak serta kurang menyediakan kartu kata bergambar yang bervariasi sehingga hasilnya kurang maksimal. Sedangkan pada siklus II dengan melihat kekurangan disiklus I dilakukan perbaikan dimana guru telah membimbing dan memberi pujian kepada anak serta menyediakan kartu kata bergambar yang bervariasi sehingga proses pembelajaran kartu kata bergambar telah berjalan sesuai dengan konsep/teori, berikut kemampuan keaksaraan anak juga sudah meningkat. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa hasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Pembina Baebunta di Kabupaten Luwu Utara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:30
Last Modified: 25 Nov 2022 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item View Item