Nelsi (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BANGSA KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA.
Text
SAMPUL.docx Download (621kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (95kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (34kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN BARU.rtf Download (6MB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (587kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (51kB) |
Abstract
Nelsi, 2013. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Dengan Menggunakan Kartu Kata Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Anas Malik, M.Si, dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan kartu kata bergambar Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara.Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan secara kualitatif dan Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Focus dalam penelitian ini adalah pengembangan kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dengan subjek penelitian 10 orang anak didik yang usianya 5-6 tahun dan seorang guru di kelompok B.Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.Hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada 2 orang anak tapi belum optimal, karena masih ada 8 orang anak yang belum mampu menyebutkan kata yang mempunyai huruf awal yang sama dan membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana hal ini disebabkan karena guru menggunakan gambar terlalu banyak dan guru tidak menceritakan isi gambar serta aktivitas penerapan bermain kartu kata bergambar belum terlaksana dengan baik.Pada siklus II terjadi peningkatan membaca permulaan karena indikator capaian membaca permulaan sudah tercapai ditandai dengan ada 8 anak sudah mampu menyebutkan kata yang mempunyai huruf awal yang sama dan membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana hal ini disebabkan karena guru memilih gambar yang sesuai dengan pokok penjelasan dan sudah menceritakan isi gambar sehingga melalui penerapan metode kartu kata bergambar dalam mengembangkan membaca permulaan anak dapat terlaksana secara optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 01:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 01:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25725 |
Actions (login required)
View Item |