Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Bermain Kartu Kata Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bunga Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

Ernawaty Ngiatan. (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Bermain Kartu Kata Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bunga Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

[img] Text
0.sampul.docx

Download (574kB)
[img]
Preview
Image
IMG_0009.jpg

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_0008.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2.bab iv,v, daftar pustaka, lampiran.docx

Download (84kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (59kB)

Abstract

Ernawaty Ngiatan. 2013.Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Bermain Kartu Kata Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bunga Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd.danHerman, S.Pd., M.Pd.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan bermain kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Bunga Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan kegiatan bermain kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Bunga Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam kemampuan membaca permulaan pada anak melalui kegiatan bermain kartu kata dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak. Subjek penelitian adalah 15 anak pada kelompok B dengan guru sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuanmembaca permulaan pada anak melalui kegiatan bermain kartu kata di Taman Kanak-kanak Bunga Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.Hal ini menunjukkan bahwa nilai kemampuan anak mengalami perkembangan di mana anak telah mampu menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannyaserta anak mampu membaca nama sendiri dengan lengkap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:23
Last Modified: 24 Nov 2022 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25716

Actions (login required)

View Item View Item