Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometris Anak Melalui Kegiatan Bermain Balok di Taman Kanak-kanak Putri Ramadhani Kota Parepare

NASRIATI (2022) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometris Anak Melalui Kegiatan Bermain Balok di Taman Kanak-kanak Putri Ramadhani Kota Parepare.

[img] Text
SAMPUL NASRIATY.docx

Download (57kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI NASRIATY UTUH.docx

Download (140kB)

Abstract

NASRIATI. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometris Anak Melalui Kegiatan Bermain Balok di Taman Kanak-kanak Putri Ramadhani Kota Parepare. Dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan geometris anak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengkaji penerapan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan geometris anak di Taman Kanak-kanak Putri Ramadhani Kota Parepare Jenis penelitian ini adaiah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Taman Kanak-kanak Putri Ramadhani Kota Parepare kelas B2 sebanyak 15 orang anak dan seorang guru. Desain penelitian yaitu menggunakan model siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen observasi dan dianalisis dengan cara, pads setiap peningkatan kemampuan geometris yang dicapai masing¬-masing anak didik akan diukur dengan memgamati keaktifan dalam bermain baik sesuai dengan indikator yang ingin dicapai. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi indikator yang telah dicapai oleh masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan geometris anak, tanda-tandanya anak sudah dapat menyebutkan macam-macam benda bentuk geometris, anak dapat menciptakan benda, berdasarkan bentuk geometris. Berdasarkan hasil penelitian ini maka, disarankan kepada semua taman kanak-kanak untuk melaksanakan kegiatan bermain balok sebagai upaya pembimbingan dalam meningkatkan kemampuan geometris anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:43
Last Modified: 23 Nov 2022 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25678

Actions (login required)

View Item View Item