PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENIRU BENTUK PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SANDHY PUTRA TELKOM MAKASSAR

HETTY MAEMUNAH (2022) PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENIRU BENTUK PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SANDHY PUTRA TELKOM MAKASSAR.

[img] Text
JUDUL.docx

Download (61kB)
[img] Text
SKRIPSIKU HETTI.docx

Download (99kB)

Abstract

HETTY MAEMUNAH. 2011. Penerapan Media Menggambar Bebas dalam Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bentuk pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Sandhy Putra Telkom Makassar . Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Firdaus Hasan, M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana menerapkan media menggambar bebas dalam meningkatkan kemampuan menggambar bentuk pada anak di Taman Kanak-Kanak Sandhy Putra Telkom Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media menggambar bebas dalam meningkatkan kemampuan menggambar bentuk anak di Taman Kanak-Kanak Sandhy Putra Telkom Makassar. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan media menggambar bebas dalam meningkatkan kemampuan menggambar bentuk pada anak di taman kanak-kanak. Subyek penelitiannya yaitu 12 orang anak kelompok B. Rencana tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan hasilnya diolah secara kualitatif serta menggunakan standar penilaian hasil belajar dengan kategori sangat baik, baik dan masih memerlukan bimbingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media menggambar bebas dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk pada anak secara lebih optimal dan maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan paparan data penelitian siklus I dimana sebahagian besar kemampuan menggambar bentuk anak berada pada kategori masih perlu bimbingan, mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut berarti kemampuan anak untuk menggambar dari dasar titik, menggambar dari dasar segitiga, menggambar dari dari dasar segiempat, menggambar dari dasar lingkaran serta menggambar orang dengan lengkap dan proporsional bisa lebih maksimal dan membantu perkembangan potensi-potensi anak yang lainnya

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:49
Last Modified: 23 Nov 2022 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item View Item