Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar(

Darliana, Darliana (2016) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar(. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Darliana.doc

Download (29kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 24 orang peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat kegiatan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan setiap pertemuan, tes pemahaman konsep fisika berupa essay tes, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains pada akhirsetiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada evaluasi akhir setiap siklus dimana pada siklus I skor rata-rata adalah 21,67 sedangkan pada siklus II skor rata-rata adalah 25,12. Hasil observasi aktivitas peserta didik juga terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains dengan cara membiasakan peserta didik membaca materi ajar, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,mengumpulkan data, mengolah data, dan membuat kesimpulan sehingga peserta didik mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sesuai materi pembelajaran yang diberikan.Peserta didik akan lebih mudah memahami konsep fisika dengan model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains sehingga terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika dari siklus I kesiklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:00
Last Modified: 12 Jun 2017 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item