PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE FONIK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KABUPATEN PINRANG

MUTAHIRA (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE FONIK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SAMPUL depan.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)

Abstract

MUTAHIRA, 2012. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Pinrang. Dibimbing oleh: Dr. Parwoto. M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui metode fonik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui metode fonik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Pinrang pada kelompok B yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan metode fonik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Pinrang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode fonik, dan disarankan kepada semua TK untuk menggunakan metode fonik dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:09
Last Modified: 16 Nov 2022 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item View Item