PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DWP SETDA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Riska. (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DWP SETDA PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
Skripsi_Riska1.docx

Download (842kB)
[img] Text
Skripsi_Riska2.docx

Download (60kB)
[img] Text
Skripsi_Riska3.doc.doc

Download (124kB)
[img] Text
Skripsi_Riska4.docx

Download (102kB)

Abstract

Riska. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Bermain Balok di Taman Kanak-Kanak Pertiwi DWP SETDA Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si. dan Dra. St. Habibah, M.Si. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mengembangkan kreativitas anak bermain balok. Rumusan masalah penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengembangkan kreativitas anak bermain balok di TK Pertiwi DWP SETDA Provinsi Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan kreativitas anak bermain balok melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di TK Pertiwi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian sebanyak 16 orang, dan guru 1 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu kreativitas anak bermain balok dapat berkembang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di TK Pertiwi DWP SETDA Provinsi Sulawesi Selatan. Kreativitas anak bermain balok pada siklus pertama dalam kategori cukup kreatif pada kegiatan menyusun menara, membuat rumah-rumahan, dan permainan konstruktif, kemudian kreativitas anak bermain balok meningkat pada siklus kedua yaitu kategori sangat kreatif menyusun menara, kreatif membuat rumah-rumahan, dan kreatif dalam permainan konstruktif dengan berdasarkan pada penilaian: kecepatan menyusun balok, ketepatan, rasa percaya diri, kerapihan, dan konsentrasi dalam menyusun balok. Kreativitas anak bermain balok dapat berkembang melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga didukung oleh peningkatan aktivitas belajar anak, berupa: keaktifan memperhatikan penjelasan guru, bekerjasama dalam kelompok menyusun balok, bertanya jawab dengan teman dan guru, serta motivasi bermain balok.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:33
Last Modified: 14 Nov 2022 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25445

Actions (login required)

View Item View Item