MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI I WATAN SOPPENG

Normah Nur (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI I WATAN SOPPENG.

[img] Text
sampul.docx

Download (18kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf

Download (41kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.rtf

Download (37kB)
[img] Text
MOTTO PERSEMBAHAN.rtf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK ii.rtf

Download (38kB)
[img] Text
PRAKATA.rtf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.rtf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.rtf

Download (41kB)
[img] Text
SKRIPSI.rtf

Download (617kB)
[img] Text
LEMBAR PENILAIAN.rtf

Download (433kB)

Abstract

Normah Nur. 2012. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercakap-cakap Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng, dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Arifin Manggau, S. Pd, M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan metode bercakap-cakap dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng ?”. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui peningkatan bahas ekspresif anak melalui metode bercakap-cakap di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng”. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B3 yang berjumlah 15 orang anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan tiga komponen kegiatan yang terdiri dari: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode bercakap-cakap kemampuan bahasa ekspresif anak semakin meningkat di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Watan Soppeng. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tampak pada hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan melalui metode bercakap-cakap kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Watan Soppeng meningkat dengan baik yaitu anak dapat berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana, anak dapat mengerti bentuk pertanyaan dengan menggunakan kata apa, mengapa, dan bagaimana, anak dapat mengajukan pertanyaan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:02
Last Modified: 11 Nov 2022 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25414

Actions (login required)

View Item View Item