Ali Jufriani, (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SAAT BELAJAR ONLINE DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA.
Text
Ali Jufriani.pdf Download (622kB) |
Abstract
Penelitian ini menelaah penerapan teknik Self-manajement Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Saat Belajar Online Di SMP Negeri 2 Tamalatea. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat kemandirian siswa saat belajar Online di SMP Negeri 2 Tamalatea?, (2) Bagaimana pelaksanaan teknik Self-manajement dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Saat Belajar Online Di SMP Negeri 2 Tamalatea ?, (3) Apakah penerapan teknik Self-manajement dapat Meningkatkan Kemandirian Siswa Saat Belajar Online Di SMP Negeri 2 Tamalatea ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran tingkat kemandirian siswa saat belajar Online di SMP Negeri 2 Tamalatea, (2) Untuk Mengetahui pelaksanaan teknik self-management dalam meningkatkan kemandirian siswa saat belajar Online di SMP Negeri 2 Tamalatea, (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Self-manajement dapat Meningkatkan Kemandirian Siswa Saat Belajar Online Di SMP Negeri 2 Tamalatea. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design dengan model One group pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1,VII2,VII3, VIII1,VIII2,VIII3 di SMP Negeri 2 Tamalatea yang teridentifikasi mengalami kemandirian saat belajar Online rendah sebanyak 48 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kemandirian belajar Online dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat kemandirian saat belajar Online siswa di SMPN 2 Tamalatea sebelum diberikan teknik self�management berada pada kategori “rendah dan sangat rendah” kemudian setelah diberi perlakuan berupa teknik self-management dapat meningkat pada kategori “tinggi dan sangat tinggi”, (2) Pelaksanaan teknik self-manajement di SMP Negeri 2 Tamalatea dilaksanakan 5 kali pertemuan secara bertahap, pertama pemberian informasi, kedua evaluasi diri dan monitoring, ketiga menentukan tujuan dan perencanaan strategi, keempat memonitor penerapan strategi, dan kelima memonitor hasil strategi. Selama pelaksanaan setiap tahap teknik self-management, siswa menunjukkan partisipasi yang berada pada kategori tinggi, (3) Penerapan teknik self-management dapat meningkatkan kemandirian siswa saat belajar Online siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Kata kunci: Kemandirian siswa saat belajar Online dan Teknik self-management
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 08:34 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 08:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25340 |
Actions (login required)
View Item |