Penanganan Perilaku Kecanduan Penggunaan Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Pada Satu Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)

FAHMI IDRIS (2022) Penanganan Perilaku Kecanduan Penggunaan Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Pada Satu Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar).

[img] Text
Fahmi Idris_Artikel Ilmiah Skripsi_1644041004_BK.pdf

Download (733kB)

Abstract

Penelitian ini yaitu terhadap satu orang Mahasiswi yang mengalami Kecanduan aplikasi Tiktok di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Gambaran umum perilaku kecanduan Tiktok pada kasus Mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku kecanduan Tiktok pada kasus mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (3) Upaya penanganan dalam mengatasi perilaku kecanduan Tiktok pada kasus Mahasiswi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) gambaran kecenderungan perilaku kecanduan Tiktok bahwa konseli SR sering menggunakan aplikasi Tiktok sampai lupa waktu, suka menunda-nunda tugas yang akan dikerjakan sehingga tugasnya menumpuk, disela-sela mengerjakan tugasnya SR menyempat diri untuk menggunakan aplikasi Tiktok dan ketika menggunakan aplikasi Tiktok temannya merasa terganggu ketika berkomunikasi karena hanya fokus ke aplikasi tersebut. (2) Faktor yang mempengaruhi perilaku kecanduan yaitu kurangnya perhatian, Stress dan depresi, gaya hidup, kontrol diri dan lingkungan (3) Penanganan kecenderungan perilaku kecanduan pada kasus dilakukan menggunakan teknik Token Ekonomi. Proses pemberian bantuan melalui 3 tahap, yaitu tahap Persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun perubahan pada konseli SR yaitu Konseli SR sudah mulai untuk tidak menggunakan aplikasi Tiktok ketika berada di dekat orang lain, Konseli SR sudah dapat mengatur waktu dan membatasi diri untuk menggunakan aplikasi Tiktok secara berlebihan. Kata Kunci: Kecanduan Tiktok, Teknik Token Ekonomi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:10
Last Modified: 04 Nov 2022 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25337

Actions (login required)

View Item View Item