Penerapan Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Emosi Marah Siswa Di SMP Negeri 2 Bulukumba

WAHYU KURNIATI WAHID (2022) Penerapan Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Emosi Marah Siswa Di SMP Negeri 2 Bulukumba.

[img] Text
Wahyu Kurniati Wahid_Artikel Ilmiah Skripsi_1744042005_Bimbingan dan Konseling.pdf

Download (767kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah mengenai penerapan teknik Expressive Writing untuk meningkatkan pengendalian emosi marah siswa di SMP Negeri 2 Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Gambaran perilaku pengendalian emosi marah rendah siswa TA dan RM sebelum diberikan teknik Expressive Writing, 2) Gambaran pelaksanaan teknik Expressive Writing untuk meningkatkan pengendalikan emosi marah pada siswa TA dan RM, dan 3) untuk mengetahui expressive writing dapat meningkatkan pengendalian emosi marah siswa TA dan RM. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research dan menggunakan desain A-B-A. adapun subjek pada penelitian ini adalah dua orang siswa dengan inisial TA dan RM. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data menggunakan analisis dekriptif dan analisis visual. Hasil menunjukkan bahwa : 1) Tingkat kemampuan Pengendalian emosi marah siswa masuk pada kondisi rendah sebelum diberikan perlakuan, 2) penerapan teknik Expressive Writing pada subjek RA dan RM dilakukan selama 5 kali sesi pertemuan diantaranya Recognition / initial Write, Examination / Writing Exercise, Juxtapotition / Feedback, Application To the self dan selama pelaksanaan intervensi kedua subjek menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi, 3) Teknik Expressive writing dapat meningkatkan kemampuan pengendalian emosi marah pada kedua subjek dalam kondisi baseline A2 menunjukkan terdapat peningkatan yang positif dibanding pada kondisi awal di sesi baseline A1 Kata Kunci: Teknik Expressive Writing, Perilaku Pengendalian Emosi Marah Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:06
Last Modified: 04 Nov 2022 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item View Item