Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya ( Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar)

Rusniyanti (2022) Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya ( Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar).

[img] Text
JURNAL_RUSNIYANTI_1744042006.pdf

Download (649kB)

Abstract

Rusniyanti, 2021. Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar). Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Ibu Suciani Latif, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini membahas tentang motivasi belajar rendah siswa selama masa pandemi di SMA Negeri 8 Makassar. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran motivasi belajar rendah pada peserta didik berinisial BN di SMA Negeri 8 Makassar. (2) Faktor yang menyebabkan peserta didik berinisial BN mengalami motivasi belajar rendah di SMA Negeri 8 Makassar. (3) Upaya penanganan motivasi belajar rendah pada peserta didik berinisial BN di SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengambilan data instrumen melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran motivasi belajar rendah yang dirasakan selama masa pandemi peserta didik berinisial BN di SMA Negeri 8 Makassar meliputi kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, mudah bosan dengan kegiatan pembelajaran, selalu menunda untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, mudah menyerah untuk memecahkan soal-soal pelajaran, tidak fokus memperhatikan guru dan menganggap pembelajaran tidak terlalu penting untuk mengikuti pembelajaran.. (2) Faktor yang menyebabkan motivasi belajar rendah selama masa pandemi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dapat dilakukan terhadap subjek yang mengalami motivasi belajar rendah adalah dengan pemberian konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik Self talk untuk meeningkatkan motivasi belajar rendah peserta didik berinisial BN selama masa pandemi di SMA Negeri 8 Makassar. Kata Kunci: Motivasi Belajar Rendah, Masa Pandemi, Konseling REBT, Teknik self talk

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:46
Last Modified: 04 Nov 2022 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item