NURUL ATMAH FADLIAH (2022) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Polewali.
Text
Jurnal Nurul Atmah Fadliah_1744040017_Bimbingan dan Konselin.pdf Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik pada siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa diSMK negeri 1 Polewali sebanyak 1.250 siswa yang terdiri atas kelas X, XI dan XII. Sampel penelitian sebanyak 303 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial yang diadaptasi dari Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan skala stres akademik yang diadaptasi dari Perceptions of Academic Stress (PAS) Scale. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai koefisien regresi dukungan sosial sebesar 0,072 dengan taraf signifikansi sebesar 0,040 < 0,05. Selain itu nilai thitung sebesar 2,062 > ttabel sebesar 1,968. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel X (dukungan sosial) berpengaruh terhadap variabel Y (stres akademik), yang artinya ada pengaruh positif dukungan sosial terhadap stres akademik siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Stres AkademikPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik pada siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa diSMK negeri 1 Polewali sebanyak 1.250 siswa yang terdiri atas kelas X, XI dan XII. Sampel penelitian sebanyak 303 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial yang diadaptasi dari Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan skala stres akademik yang diadaptasi dari Perceptions of Academic Stress (PAS) Scale. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai koefisien regresi dukungan sosial sebesar 0,072 dengan taraf signifikansi sebesar 0,040 < 0,05. Selain itu nilai thitung sebesar 2,062 > ttabel sebesar 1,968. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel X (dukungan sosial) berpengaruh terhadap variabel Y (stres akademik), yang artinya ada pengaruh positif dukungan sosial terhadap stres akademik siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Stres Akademik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 06:44 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 06:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25319 |
Actions (login required)
View Item |