PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEPERCAYAANDIRI SISWA DI SMAN 13 GOWA

Nurwahdania Bakhtiar (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEPERCAYAANDIRI SISWA DI SMAN 13 GOWA.

[img] Text
1. Artikel_Nurwahdania Bakhtiar FIX_Layout.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa di SMAN 13 Gowa; (2) Mengetahui gambaran pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis PBL (Problem Based Learning) terhadap kepercayaan diri siswa; (3) Mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal berbasis PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMAN 13 Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitin eksperimental dengan model Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian Siswa SMAN 13 Gowa siswa pada tahun ajaran 2020/2021 dengan Sampel sebanyak 70 siswa dipilih secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data angket skala kepercayaan diri yang di adaptasi dari peter lautser dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial, uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan treatment layanan bimbingan klasikal berbasis PBL (Problem Based Learning ) berada pada kategorirendah dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan klasikal berbasis PBL (Problem Based Learning) siswa meningkat atau berada pada kategori tinggi, (2) Pada saat pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis PBL (Problem Based Learning) partisispasi siswa berada pada kategori tinggi (3) pengaruh layanan bimbingan klasikal berbasis PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMAN 13 Gowa. Peningkatan kepercayaan diri siswa terlihat pada rajin mengerjakan tugas, menjadi tidak gugup saat berbicara, yakin dengan kemampuanya, bertaggung jawab atas tugas tugas yang diberikan, aktif dan interaktif dalam berkomunikasi. Kata Kunci: Bimbingan Klasikal; Problem Based Learning; Kepercayaan Diri;Optimis; Bertanggung jawab; Interaktif berkomunikasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:29
Last Modified: 03 Nov 2022 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25315

Actions (login required)

View Item View Item