Penerapan Teknik Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di MTs DDI Kalukuang Makassar

Risna Sidrawati (2022) Penerapan Teknik Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di MTs DDI Kalukuang Makassar.

[img] Text
Jurnal Risna.pdf

Download (752kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTs DDI Kalukuang Makassar. 2) Gambaran penerapan Self Regulated Learning di MTs DDI Kalukuang Makassar. 3) Penerapan self regulated learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTs DDI Kalukuang Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pre experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 62 siswa dan sampel penelitian sebesar 30 siswa. Penarikan sampel dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala motivasi belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar siswa pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan penerapan teknik self regulated learning terdiri atas sembilan tahap yaitu rational treatment, penetapan tujuan (goal setting), perencanaan, motivasi diri (self motivation), kontrol atensi, penggunaan strategi belajar yang fleksibel, monitoring diri (self monitoring), mencari bantuan yang tepat, dan evaluasi diri (self evaluation). Pada setiap tahapan kegiatan self regulated learning, tingkat partisipasi siswa berada pada kategori tinggi yang berarti siswa aktif dan antusias mengikuti kegiatan. 3) Penerapan metode self regulated learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTs DDI Kalukuang Makassar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Self Regulated Learning

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:21
Last Modified: 03 Nov 2022 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item View Item