Kejenuhan Belajar Siswa dalam Penerapan Learning from Home (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Majene)

Fildzah Khaerana Putri (2022) Kejenuhan Belajar Siswa dalam Penerapan Learning from Home (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Majene).

[img] Text
Fildzah Khaerana Putri_Artikel Ilmiah Skripsi_1744041010_Bimbingan Konseling.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kejenuhan belajar dalam penerapan learning from home di SMA Negeri 1 Majene. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran kejenuhan belajar siswa kasus berinisial SPR selama learning from home di SMA Negeri 1 Majene. (2) Faktor-faktor apa saja yang menimbulkan kejenuhan belajar pada siswa kasus berinisial SPR selama learning from home di SMA Negeri 1 Majene. (3) Apa dampak kejenuhan belajar yang dialami siswa kasus berinisial SPR selama learning from home di SMA Negeri 1 Majene (4) Bagaimana peran guru BK dan orang tua dalam mengatasi masalah kejenuhan belajar pada siswa kasus berinisial SPR selama learning from home di SMA Negeri 1 Majene. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus non klinis. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran kejenuhan belajar yang dirasakan selama learning from home oleh siswa kasus berinisial SPR di SMA Negeri 1 Majene meliputi merasa bosan, merasa lelah, tidak mengerjakan tugas, menjadi malas belajar dan merasa tidak kompeten. (2) Faktor-faktor yang menimbulkan kejenuhan belajar selama learning from home yaitu karena metode pembelajaran yang terlalu monoton, tuntutan belajar yang terlalu membebani, deadline tugas yang terlalu cepat, dan materi yang sulit dipahami. (3) Dampak dari kejenuhan belajar selama learning from home yang dirasakan oleh siswa SPR yaitu berdampak pada kondisi fisik dan hasil belajarnya selama learning from home (4) Upaya yang dilakukan oleh guru BK dan orang tua untuk mengatasi masalah kejenuhan belajar selama learning from home yaitu dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, kunjungan rumah, dan mengundang siswa untuk datang ke sekolah melakukan kegiatan pembelajaran agar terdapat perbedaan suasana belajar yang dialami selama learning from home. Adapun usaha orang tua untuk mengatasi kejenuhan belajar yaitu dengan memberikan motivasi dan penguatan terhadap anaknya. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Learning from Home

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:23
Last Modified: 03 Nov 2022 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item View Item