Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Konformitas pada Peserta Didik di SMA Negeri 9 Enrekang

Hanriani (2022) Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Konformitas pada Peserta Didik di SMA Negeri 9 Enrekang.

[img] Text
Jurnal Hanriani-1744041044-Bimbingan dan konseling.pdf

Download (557kB)

Abstract

Hanriani, 2021. Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Konformitas Peserta Didik di SMA Negeri 9 Enrekang. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Suciani Latif, S.Pd,. M.Pd). Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Konformitas pada Peserta Didik di SMA Negeri 9 Enrekang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Konsep Diri dan Kepercayaan diri, sedangkan variabel dependen adalah Konformitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 9 Enrekang yang terdiri dari 11 kelas yang terdiri dari 266 Peserta didik dengan sampel penelitian sebanyak 159 peserta didik, penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala konsep diri, skala kepercayaan diri dan skala konformitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan negative yang signifikan antara konsep diri dengan konformitas yang dibuktikan dari perolehan nilai signifikan sebesar -0,643 > 0,05 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dan terdapat hubungan negative yang signifikan antara kepercayaan diri dengan konformitas yang dibuktikan dari perolehan nilai signifikan sebesar -0,690 > 0,05 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Serta hasil korelasi antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan konformitas menunjukan adanya hubungan yang kuat, dibuktikan dengan analisis korelasi berganda dengan perolehan nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0,719. Serta perolehan R Square sebesar 0,517 yang artinya sebesar 51,7% variabel konsep diri dan kepercayaan diri mempengaruhi konformitas. Kata Kunci: Konformitas, Konsep Diri, Kepercayaan Diri

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:11
Last Modified: 03 Nov 2022 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item