PENERAPAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 5 SIDRAP

Natalia Yepi (2022) PENERAPAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 5 SIDRAP.

[img] Text
Jurnal Yepi Natalia - Bimbingan dan Konseling.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik motivational interviewing untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap ? (2) Bagaimana gambaran penerapan teknik motivational interviewing dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap ? (3) Apakah penerapan bimbingan teknik motivational interviewing dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap ? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan teknik motivational interviewing dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap (3) Untuk mengetahui penerapan bimbingan teknik motivational interviewing dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental Design, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, dan XI IPS 2 sebanyak 32 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kejenuhan Belajar yang diadaptasi dari teori Schaufeli & Enzmann dalam uji validasi jumlah pertanyaan angketnya berisi 40 butir sebelum validasi sedangkan setelah divalidasi menjadi 30 butir pertanyaan dan uji reliabilitas diperoleh nilai sebanyak 0,908 yang berarti skala yang disebar memiliki reliabilitas yang baik atau sangat kuat. dan Observasi dilakukan untuk mengamati masalah kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) selama pelaksanaan teknik motivational interviewing, siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang sangat tinggi, (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum diberikan Teknik motivational interviewing berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi, (3) Penerapan Teknik motivational interviewing dapat Mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 5 Sidrap. Kata Kunci: Motivational Interviewing, Kejenuhan Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:06
Last Modified: 03 Nov 2022 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item