Nurfajriani Tahir (2022) Penerapan Teknik Sosiodrama Bermuatan “Pappasang to Mandar” untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri siswa X IIS 4 di SMA Negeri 1 Campalagian.
Text
Jurnal Nurfajriani Tahir 1744042011 - BK (1).docx Download (65kB) |
Abstract
Penelitian ini menelaah penerapan teknik sosiodrama bermuatan “pappasang to mandar” untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMAN 1 campalagian. Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya tingkat penyesuaian diri siswa baik disekolah maupun diluar sekolah, dan bagaimana gambaran teknik sosiodrama bermuatan “pappasang to mandar” dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa . Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 6 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas X IIS 4 di SMAN 1 Campalagian pada tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan analisis statistic deskriptif non parametric wilcoxon signed ranks tes . Hasil penelitiaj menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian diri siswa kelas X IIS 4 di SMAN 1 Campalagian sebelum diberi perlakuan dalam hal ini soosiodrama bermuatan pappasang to mandar berada pada kategori rendah dan setelah diberi sosiodrama bermuatan pappasang to mandar mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. Teknik sosiodrama bermuatan pappasang to mandar terdiri atas tiga tahap yakni latihan penyesuaian diri terhadap norma situasi social, penyesuaian diri terhadap perilaku orang lain dan penyesuaian diri dengan situasi tidak menyenangkan. Penerapan teknik sosiodrama bermuatan pappasang to mandar dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa , artinya bila teknik sosiodrama bermuatan pappasang to mandar ini diterapkan maka dapat membantu meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMAN 1 Campalagian Kata Kunci: Sosiodrama, Pappasang to Mandar, Penyesuaian Diri
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 05:53 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 05:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25294 |
Actions (login required)
View Item |